PERANAN LEBAH MADU DALAM PENINGKATAN GIZI DAN KECERDASAN BANGSA

Oleh : Dr. Ir. Budiaman, M.P.,IPU.
(Dosen Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin)

A. MADU, GIZI DAN KECERDASAN BANGSA

1. Madu sebagai Makanan Bergizi untuk Kecerdasan

Suatu informasi yang sangat menarik bahwa madu dapat mematikan semua jenis benih mikroba yang menimbulkan penyakit pada manusia. Pada abad ke-20 pernyataan ini telah banyak didemonstrasikan oleh para ahli ilmu pengetahuan, sebagai berikut:

  1. DR. W.G. Sackett alumni fakultas pertanian Colorado di Fort Collins telah mencoba membuktikan bahwa madu adalah pembawa penyakit seperti halnya dengan susu. Tetapi hasil studinya sangat mengherankan karena semua jenis benih penyakit manusia akan segera mati setelah dimaksudkan ke dalam madu. Mikroba yang menyebabkan typhoid fever akan mati setelah 48 jam terkontaminasi dengan madu. Mikroba penyebab broncopneumonia dan septisemia akan mati setelah 4 hari. Bacillus Coli Communis yang pada kondisi tertentu menyebabkan “Peritonitis” ditemukan mati setelah lima hari pada media madu. Semua jenis mikroba tersebut di atas masih ditemukan tetap hidup setelah 40 hari di luar madu.
  2. Dr. Bodag Beck dimasa hidupnya banyak belajar tentang madu dan kesehatan, mengatakan bahwa banyak sekali jenis-jenis benih mikroba mati karena madu. Hal ini terjadi karena sifat higroskopis dari pada madu. Mikroba seperti halnya dengan makhluk hidup lainnya. akan mati kalau tidak ada air. Sifat hygroscopis pada madu akan menyerap air dari sel-sel mikroba yang disekitarnya sehingga mikroba tersebut akan kehabisan air dan kekeringan. Kemampuan madu menyerap air hampir-hampir tidak terbatas. Madu mampu mengisap air dari logam, gelas dan batu karang.
  3. A. G. Lochead seorang petugas Departemen Pertanian di Kanada dalam penelitiannya menemukan bahwa hanya jenis ragi yang tahan terhadap gula yang mampu hidup di dalam madu. Pernyataan ini kemudian didukung oleh peneliti lain bernama A. P. Sturtevant dari Departemen Pertanian Amerika Serikat.
  4. Dr. Zaiss beranggapan bahwa madu merupakan anti septic yang lebih baik dari pada larutan iodine. Beliau membalut semua luka-luka yang ditemukannya dengan “honey dippei gauze”. Begitu madu menyentuh luka, semua pasien menyatakan sakitnya berkurang. Pembalut luka diganti setiap 24 jam, pembalut tidak melengket pada daging luka disebabkan karena sifat pelumas yang ada pada madu. Dr. Zaiss menemukan bahwa luka yang diobati dengan madu akan tetap bersih dan penyembuhannya lebih cepat.
  5. Dr. D. C. Jarvis mengatakan bahwa seumpama aliran “lymph” dapat dipertahankan di dalam tubuh maka penglihatan, pendengaran, mental dan kondisi fisik tubuh akan tetap aktif sampai pada umur tua. Lymph adalah cairan jaringan yang berfungsi membersihkan dan membantu kesehatan tubuh. Jika Iymph ini tak berfungsi maka seluruh aktifitas tubuh akan menurunkan dan penyakit mudah menyerang. Dr. Jarvis menemukan bahwa madu adalah merupakan katalisator untuk penglihatan Iymph secara sempurna.
  6. Dr. A. Rolleder melakukan penelitian pada suatu grup anak yatim di Austria. Hasil penelitiannya menemukan bahwa madu mengandurg faktor pertumbuhan pada anak-anak yang luar biasa. Sesudah sembilan bulan ditemukan bahwa grup yang diberi madu memiliki 8,5 % kenaikan butir hemoglobin di dalam darahnya. Hemeglobin ini dapat merangsang pertumbuhan karena dia merupakan pembawa tenaga dari paru-paru ke bagian tubuh.
  7. Dr. P. B. Wassen juga melakukan penelitian terhadap khasiat madu pada anak-anak dan menemukan bahwa anak yang diberi madu tiap hari akan memiliki keistimewaan dalam hal : Vivacity, jumlah butir darah, energi, berat badan, dan banyak lagi penampilan lainnya. Beliau menekankan bahwa madu yang digunakan adalah benar-benar madu asli yang diproduksi oleh lebah madu.

Gambar 1. Pengelolaan Lebah Madu Apis mellifera L

2. Madu dan Pengobatan

Ilmu pengobatan modern dewasa ini menemukan bahwa madu adalah merupakan salah satu makanan untuk kesehatan sejak dari zaman purbakala hingga kini. Pengobatan tradisional dan hasil-hasil penelitian ilmu kedokteran telah mencatat berbagai macam kegunaan madu sebagai berikut :

  1. Di zaman Egiptians dan Greeks, madu digunakan untuk mengobati semua jenis penyakit kulit, rheumatism dan penglihatan kabur.
  2. Dr. Bodag F. Beck di New York melaporkan bahwa madu sangat berguna bagi saluran napas, arthritis, rheumatism dan penderita kekurangan gizi.
  3. Dr G.N. W. Thomas di Edinburhg, Scotland melaporkan bahwa madu merupakan salah satu stimulan jaringan jantung yang terbaik.
  4. Para dokter di Eropa menganjurkan agar madu dijadikan sebagai salah satu menu sehari-hari.
  5. Di Jerman Barat, resep dokter untuk penderita ulcer (maag) selalu disertai dengan madu.
  6. Para olah ragawan dianjurkan meminum madu, karena madu dapat menaikkan kadar gula darah yang lebih cepat dibandingkan dengan makanan lainnya.
  7. Bakteri tidak dapat hidup di dalam madu karena madu mengandung kadar potassium (Kalium) yang istimewa, Kalium berperan dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengatur konstraksi otot, mengoptimalkan fungsi sistem saraf, serta dapat memelihara jantung dan ginjal.
  8. Umumnya bayi dapat mentolerir madu sebagai bahan makanannya. Madu merupakan antiseptic, mengandung mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan bayi.
  9. Kram (kejang) jaringan tubuh terutama kaki di waktu malam dapat disembuhkan dengan minum madu dua sendok madu pada setiap selesai makan. Kram akan hilang setelah kebiasaan minum diteruskan selama satu minggu.
  10. Madu dapat memperkuat sistem saraf sehingga sering digunakan untuk mengobati kelainan fungsi saraf.
  11. Minum satu sendok madu yang dilarutkan ke dalam air hangat akan segera membebaskan rasa capek yang berlebihan setelah bekerja berat.
  12. Madu dicampur susu hangat akan menenangkan saraf dan menyebabkan tidur nyenyak di waktu malam.
  13. Dr. Schach mengatakan bahwa dia telah menyembuhkan banyak penderita penyakit gastric dan maag dengan menggunakan tanpa operasi
  14. Dr. Beck melaporkan pengalamannya bahwa seorang penderita Tubercolusis (TBC) telah sembuh karena dia selalu minum madu secara teratur terus menerus.
  15. Pengaruh diuretic yang ada pada madu dapat digunakan untuk menyembuhkan semua jenis pembengkakan ginjal.

3. Cara Penggunaan Madu untuk Penyakit Tertentu

  1. Penyakit TBC
    Madu dengan petal bunga rose diberikan diwaktu sore hari, digunakan untuk menyembuhkan penyakit TBC yang baru mulai.
  2. Penyakit Jantung
    50- 140 gram madu, rata-rata 70 gram perhari yang diberikan kepada pasien berpenyakit jantung selama satu sampai dua bulan akan membuat pasien :
    – Penyakit jantung berkurang
    – Komposisi darah kembali normal
    – Haemoglobin bertambah
    Cardiovasculatonus membaik.
  3. Penyakit Paru-paru
    Dianjurkan minum madu sebanyak 100-150 gram per hari untuk menyembuhkan penyakit paru-paru.
  4. Penyakit Ginjal
    Penyakit ginjal dapat diobati dengan menggunakan campuran air lobak dengan madu sebanyak 100-200 gram per hari.
  5. Penyakit Diabetes (Penyakit Gula)
    Minum madu selama tiga hari berturut-turut sebanyak 3 x 1 sendok makan per hari. Pada hari keempat hendaknya ke dokter memeriksakan kadar gula darah atau kadar gula air seni. Bilamana kadar gula tidak naik maka teruskanlah minum madu karena kemungkinan madu adalah obatnya.
  6. Penyakit maag
    Minumlah madu 90 menit atau 2 jam sebelum makan pagi dan siang atau tiga jam sesudah makan malam. Gunakan dua sendok makan madu yang dilarutkan dalam satu gelas air hangat.
  7. Penyakit Saraf
    Vitamin B1 dicampur dengan madu dapat digunakan untuk mengobati penyakit saraf.
  8. Penyakit Batuk
    Masak jeruk nipis secara perlahan-lahan selama 10 menit sehingga kulitnya menjadi lunak. Jeruk tersebut dipotong-potong dan diperas airnya ke dalam gelas minum. Tambahkan dua sendok makan gliserin dan air jeruk ke dalam gelas air minum yang berisi 3 sendok makan madu, lalu di tambah air sampai volume gelas menjadi penuh. Kocok dahulu sebelum digunakan. Setiap penggunaannya, hanya dianjurkan 1 sendok teh untuk orang dewasa. Obat ini tidak mengganggu perut, dapat diberikan pada anak-anak dan orang tua.

4.  Madu dan Diabetes

Madu dan diabetes adalah merupakan suatu kajian logika yang masih perlu diteliti oleh para ahli. Informasi tentang hubungan madu dan diabetes masih simpang siur. Ada anjuran melarang penderita diabetes meminum madu. Sebaliknya ada pasien diabetes yang merasa dirinya sembuh karena minum madu. Hal ini merupakan tantangan ilmiah utamanya bagi para dokter dan ahli farmasi.

Penyakit diabetes dicirikan dengan meningkatnya kadar gula glukosa dalam darah. Hal ini terjadi disebabkan oleh hormon insulin di dalam tubuh tidak mampu merubah glukosa menjadi glikogen. Bisa juga terjadi kadar glukosa di dalam darah bertambah karena aktifnya hormon adrenalin merombak kembali glikogen menjadi glukosa. Glikogen ini adalah merupakan bahan dasar energi yang tersimpan di dalam hati dan siap ditransfer ke seluruh bagian tubuh yang memerlukan supply energi. Dapat dibayangkan bahwa penderita diabetes yang kurang memiliki persediaan glikogen, pada suatu ketika dia akan pasti kehabisan energi.

Hampir seluruh energi yang digunakan oleh tubuh manusia berasal dari gula yang dirombak dari makanan yang berupa karbohidrat misalnya nasi atau gula tebu. Jenis gula terakhir yang diproses tubuh dari karbohidrat umumnya terdiri dari gula glukosa. Jenis gula glukosa ini akan terakumulasi dalam darah yang menyebabkan pasien diabetes semakin menderita. Tambahan madu dalam menu penderita diabetes akan memberi dua manfaat yaitu : supply energi yang diperoleh dari gula fruktose dan supply enzim glukosa oksidasi yang dapat menurunkan kadar glukosa darah dengan merombaknya menjadi oksigen dan asam gluconic.

Kemungkinan ada penderita diabetes yang dapat dibantu dengan menambahkan madu ke dalam menunya sehari-hari.

Bagi penderita diabetes disarankan minum madu selama tiga hari berturut-turut sebanyak 3 x 1 sendok makan. Pada hari keempat, hendaklah ke dokter memeriksakan kadar gula darah atau kadar gula air seni. Jika pada pemeriksaan ini ditemukan kadar gula naik maka dianjurkan untuk menghentikan minum madu. Tetapi bila kadar gula tidak naik maka teruskanlah minum madu karena kemungkinan madu adalah obatnya.

B. KHASIAT DAN MANFAAT PRODUK LEBAH SELAIN MADU

Tuhan mewahyukan kepada lebah untuk memakan makanan yang baik-baik dan dari perutnya dikeluarkan zat-zat yang menyembuhkan bagi manusia. Secara awam, manusia pada umumnya beranggapan bahwa hanya madu yang berasal dari perut lebah yang dapat berfungsi sebagai obat. Banyak pustaka yang berasal dari negara maju menyebutkan bahwa bukan hanya madu dari perut lebah yang berkhasiat gizi dan obat, tetapi terdapat jenis produk lain yang sifat, karakter serta khasiatnya berbeda-beda.

Produk lebah madu dapat digolongkan kedalam tiga tipe : (1) zat-zat yang dikoleksi oleh lebah madu seperti madu, pollen, dan propolis; (2) zat-zat yang dieksraksi sendiri oleh lebah madu seperti royal jelly, bisa lebah, dan lilin; dan (3) tubuh lebah madu itu sendiri yang berupa larva dan pupa. Semua jenis produk ini memiliki komposisi yang khas untuk industri makanan, industri kesehatan, industri pewarna, dan industri kosmetika.

Pengobatan tradisional di China berkembang dengan pesat diikuti berbagai hasil penelitian yang menyangkut khasiat produk lebah madu dalam hubungannya dengan kesehatan. China adalah salah satu negara besar yang sangat fanatik dalam penggunaan produk lebahnya untuk meningkatkan gizi dan kesehatan masyarakatnya. Di China telah berkembang “Hospital Apitherapy” di kota-kota besar dan banyak “Clinic Apitherapy” di wilayah pedesaan.

1. Produk Royal Jelly, Gizi dan Kecerdasan

Royal jelly adalah produksi sekresi kelenjer pharyngeal dan dari kelenjar mandibular lebah pekerja yang umurnya masih muda dan merupakan bahan makanan ratu lebah sejak dari stadia larva sampai akhir hayatnya, serta merupakan makanan semua bayi lebah (larva) yang berumur 1 sampai 3 hari.

Penyembuhan dengan menggunakan Royal Jelly dimulai dari jaman Kitab Suci dan Al Qur’an. Bahkan bapak dari ilmu obat-obatan modern Hippocrates percaya bahwa Royal Jelly melindungi terhadap berbagai penyakit dan orang-orang Mesir kuno mempergunakannya dalam seni pemumian mereka.

Gambar 2. Royal Jelly

Royal Jelly juga didiskusikan secara panjang lebar pada Konperensi Biogenetik pertama, dari seluruh penjuru Eropa. Setelah banyak dari dokter yang hadir itu mengemukakan makalah mereka yang menulis mengenai manfaat khusus perawatan dengan Royal Jelly. Kesimpulan akhir dari konperensi itu adalah bahwa Royal Jelly mempunyai pengaruh yang sangat menguntungkan bagi fungsi-fungsi dalam tubuh dan mental. Dinyatakan bahwa perubahan yang terjadi pada orang-orang yang sedih, letih, mental, dan fisik yang terlalu lelah untuk bekerja, secara berkala diamati. Ternyata setelah mereka memakan Royal Jelly selama 3 atau 4 bulan, penampilan luar mereka banyak membaik.

Secara umum komposis kimia royal jelly terdiri dari :

• Air = 66.05 %
• Protein = 12.34 %
• Total lipid = 5.58 %
• Total reducing matter = 12.49 %
• Mineral = 12.34 %
• Material yang tidak dikenal “R” = 2.48 %Royal jelly mengandung 15 asam amino. Tiap 1 gr royal jelly mengandung 60 % proline, 3,9 – 4,8 mg RNA dan 201-223 mg DNA. Gula glukosa dan fruktosa sebanyak 20-30 % dari berat kering.

Royal Jelly juga dapat meningkatkan daya penyembuhan tubuh, selanjutnya dapat Royal Jelly merangsang daya penyembuhan yang cepat dari Adenosine Triphosphate (ATP), suatu bagian dari setiap sel yang menghasilkan energi kimia yang kemudian akan dilepaskan oleh sel itu selama kerja fisik. Ahli-ahli ilmu pengetahuan kehidupan dan naturopath Jepang telah menunjukkan kegunaan-kegunaan yang nyata dari Royal Jelly, dan hasil dari penyelidikan biomedis mengemukakan khasiat Royal Jelly sebagai berikut :

1. Royal Jelly banyak menolong orang-orang lanjut usia, dan ada kemungkinan bahwa Royal Jelly itu dapat meremajakan kembali sel manusia dan meregenerasikannya, sehingga sangat dipercaya sebagai obat alami untuk awet muda.
2. Royal Jelly dapat menjadi pengantar terapi dalam beberapa kasus neuro-psychosis.
3. Royal Jelly dapat banyak membantu dalam perawatan ksus-kasus serius terhadap kekurangan gizi pada bayi.
4. Royal Jelly meningkatkan metabolisme, menguatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, dan membantu pemulihan setelah operasi atau penyakit parah.
5. Royal Jelly mempunyai kecendrungan menaikkan tekanan darah rendah, tetapi tidak akan menaikkan tekanan darah tinggi.
6. Jika dimakan secara teratur, Royal Jelly mempunyai pengaruh yang bermanfaat dalam kasus-kasus kelemahan pada orang tua.
7. Royal Jelly dapat menghambat degenerasi keterbelakangan tubuh dan menambah tenaga serta kestabilan mental.
8. Bahan aktif dari Royal Jelly secara alami bersifat hormon, yang bekerja secara biologis pada jaringan kelenjar, terutama jaringan-jaringan suprarenal.
9. Royal Jelly tidak menyebabkan penambahan berat badan pada orang-orang yang normal dan sehat, melainkan akan memungkinkan orang-orang yang berat badannya kurang, menjadi bertambah beratnya sehingga menjadi normal.
10. Royal Jelly telah dikenal karena sifat peremajaannya. Orang yang memakan Royal Jelly menjadi penuh energi dan cepat pulih dari kelelahan, Sel-sel tua dapat diperbaharui, menormalkan metabolism dan jika dimakan secara teratur, Royal Jelly dapat membantu dalam membebaskan diri dari rasa tidak enak badan seperti insomnia, pening, sembelit, ketegangan otot dan mental.
11. Royal Jelly meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.
12. Royal Jelly menghalangi penuaan tubuh dengan cara memperlambat penurunan fungsi-fungsi fisiologis.
13. Menghambat proses penuaan dan memperbaiki peredaran darah.
14. Meningkatkan stamina dan fungsi-fungsi sexual.
15. Meningkatkan metabolisme sel dan memperbaharui sel-sel yang sudah tua.
16. Mempertahankan kesegaran kulit.
17. Meningkatkan kekuatan fisik memulihkan kelelahan.
18. Menambah nafsu makan dan memperbaiki penyerapan gizi.
19. Menyembuhkan dan mencegah sembelit dan melancarkan pengeluaran kotoran dari tubuh.
20. Menghilangkan sakit pinggang dan setiap gangguan rematik.
21. Menyembuhkan insomnia dan menolong orang untuk dapat tidur.
22. Menghilangkan gangguan-gangguan sewaktu perubahan pada fisik berlangsung dan menghalangi proses penuaan.
23. Mempunyai kegunaan tak langsung dalam perawatan tekanan darah tinggi dan rendah, kencing manis, penyakit-penyakit dalam usus dan perut, asma, dsb.

Sungguh menakjubkan bahwa Royal Jelly juga dapat membantu dalam melawan ketergantungan pada obat dan alkohol. Royal Jelly juga berguna dalam perawatan hepatitis yang berkepanjangan, dan artitis rematik yang lama, gastrikulasi yang kronis dan bisul pada usus 12 jari, anemia, insomnia, keterbelakangan mental, depresi saraf, dan gejala-gejala yang lesu ,eksekutif-eksekutif yang mengalami stress, ibu-ibu yang sedang mengandung, pelajar -pelajar sebelum menghadapi ujian, pasien-pasien dalam masa pemulihan setelah operasi atau penyakit yang serius, juga bagi orang tua dan olahragawan selama training dan pertandingan yang berat.

Royal Jelly asli dan segar harus disimpan di lemari es (freezer) yang biasa yang ada di rumah. Royal Jelly tidak akan rusak selama beberapa bulan. Royal Jelly dapat dicampur dengan madu (500 g madu dengan 50 g Royal Jelly segar) dan Ia akan tahan untuk waktu yang tidak terbatas. Royal Jelly juga harus dijauhkan dari cahaya langsung. Dosis yang direkomendasikan adalah ¼-½ sendok teh kecil setiap hari.

Royal Jelly juga dapat digunakan sebagai penolong kecantikan alami. Bahan berikut ini dapat dibuat di rumah: Campurkan Royal Jelly dengan alpukat yang sudah dihancurkan dalam jumlah yang sama, yang cukup untuk membuat pasta untuk menutupi seluruh wajah anda. Bubuhkan pada wajah yang bersih dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat lalu dengan air sejuk. Campuran ini membuat wajah terasa halus, lembut, dan segar.

Komposisi dari Royal Jelly sangat kompleks dan ini mungkin merupakan sebab dari sifat penyembuhannya. Selain protein, mineral, asam amino, dan vitamin- vitamin, Royal Jelly mengandung 10 asam hydroxy decenoic dan paroten. Asam ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Paroten adalah zat perangsang dari kelenjar-kelenjar ludah. Ia dapat memperbaharui sel-sel yang tua. Royal Jelly mempunyai fungsi regenerasi karena ia dapat meningkatkan metabolism sel dan meregenerasikan sel-sel tua. Vitamin yang terkandung dalam Royal Jelly sebagian besar adalah Vitamin kelompok B.

2. Pollen Lebah Madu (Honeybee Pollen)

Pollen merupakan serbuk sari bunga. Jika lebah madu mengumpulkan serbuk sari itu dan membawa ke sarangnya untuk dijadikan bahan makanan, maka lebah menambahkan enzim pencernaan pada Serbuk Sari Bunga tersebut sehingga disebut bee pollen, menjadikannya, siap untuk dicernakan, mudah diserap dan merupakan makanan dengan nilai gizi yang tinggi untuk manusia.

Gambar 3. Bee Pollen

Bee pollen atau Serbuk Sari Lebah, mengandung 96 macam unsur makanan yang terpenting bagi kebutuhan tubuh manusia untuk mencapai kesehatan yang sempurna, antara lain terdiri dari 16 macam vitamin, 22 Asam Amino, 27 Mineral, 18 Enzym-co-enzym, di samping Asam Lemak, Karbohidrat, Protein dan lain-lain. Bee pollen merupakan makanan dari alam yang sempurna. telah digunakan oleh jutaan manusia, termasuk para atlet diseluruh dunia untuk stamina dan penambahan tenaga. Bee pollen (Serbuk Sari Lebah) mengandung 22 zat asam amino, dan 27 mineral yang dikenal, dapat merupakan satu-satunya Nutrisi terbaik yang terdapat di alam.

Madu yang penuh dengan serbuk sari lebah disebut “makanan untuk dewa-dewa” oleh orang Yunani purba, yang berpendapat, bahwa madu penuh serbuk sari itu mengandung rahasia hidup yang abadi. Dewasa ini, serbuk sari lebah diketemukan kembali oleh para pemenang Medali Emas Olimpiade, Steve Riddick dari Amerika Serikat, Lasse Viren dari Finlandia, tim-tim hoki es juara Rusia, dan banyak bintang base-ball dan bintang sepak bola, dan seperti pahlawan-pahlawan Olimpiade yang pertama, mereka percaya, bahwa “makanan ajaib” yang misterius ini memberikan mereka stamina yang vital pada detik-detik terakhir sehingga membuat mereka menjadi juara. Tenaga yang menakjubkan ini merupakan hadiah yang mengagumkan dari lebah, sudah diketahui sejak berabad=abad di Eropa dan Rusia. Baru akhir-akhir inilah serbuk sari lebah ditemukan kembali di Amerika sebagai sumber vitalitas dan sumber stamina. Serbuk sari lebah secara ilmiah dihubungkan dengan umur panjang sejak tahun 1946, ketika Professor Nickolai Tsitsin, seorang ahli biologi dan botani yang bekerja pada Lembaga Umur Panjang USSR melakukan studi perihal orang-orang Rusia yang berumur seratus tahun atau lebih. Setelah ditemukan, bahwa sebagian besar di antara mereka itu adalah pemelihara lebah. Professor tersebut berkesimpulan, bahwa madu dan serbuk sari dalam makanan mereka sehari-hari merupakan faktor yang penting dalam membentuk kondisi fisik mereka yang baik itu. Para pemelihara lebah yang tua-tua ini ternyata telah memakan sisa-sisa serbuk sari lebah itu untuk diri mereka sendiri dan menjual madu yang bening dan murni yang terdapat diatasnya. Jadi, tanpa disadari mereka itu telah memperoleh makanan yang paling kaya akan gizi dalam alam untuk makanan mereka.

Para ahli gizi menyebut serbuk sari lebah itu “makanan yang sempurna”. Serbuk sari lebah ini mengandung 22 zat asam amino yang dikenal dan juga 27 mineral dalam perbandingan yang ideal untuk badan manusia. Serbuk sari lebah ini mengandung segala macam vitamin yang larut dalam air, diketahui mempunyai lebih banyak protein daripada sumber-sumber protein lainnya seperti biji-bijian, daging hewani atau sayur mayur.

Para peneliti Soviet telah menemukan, bahwa serbuk sari lebah itu dapat merupakan sekutu yang tangguh dalam memberantas ketegangan jiwa (stress), meningkatkan ketenangan dan rasa sehat, serbuk sari lebah ini membantu memelihara kulit sehat dan bercahaya, badan langsing dan vital. Laporan tahun 1976 telah menguji serbuk sari lebah menyembuhkan radang usus besar, radang kelenjar alat kelamin laki-laki (prostatitis), tekanan darah tinggi dan macam-macam alergi.

Penemuan serbuk sari lebah merupakan interaksi tenaga-tenaga hidup yang dramatis. Serbuk sari, unsur jantan dari bunga, adalah tepung yang halus mempunyai sifat-sifat nutritif dan medisinal, titik tolak segala kehidupan tanaman. Setiap butir mikroskropis mempunyai potensi untuk memupuk dan menciptakan buah, biji atau sayuran.

Serbuk sari ini merupakan salah satu sumber tenaga bagi lebah, Rahasia hidupnya Lebah mengetahui dan memilih serbuk sari yang paling kaya gizi, mencampurnya dengan nektar khusus dari badannya, untuk membentuk butir-butir yang dibawa ke sarangnya dalam “keranjang-keranjang” yang kecil, yang menempel pada kakinya yang disebut keranjang pollen. Dalam waktu satu jam lebah yang sibuk itu dapat mengumpulkan hampir empat juta butir serbuk bunga. Nektar lebah ditambah butir-butir serbuk sari akan menghasilkan serbuk sari lebah, salah satu makanan yang amat padat gizi yang diketahui orang di alam.

Serbuk sari lebah ini dapat mempercepat pemulihan kesehatan anda setelah sembuh dari sesuatu penyakit dan dapat meningkatkan hemoglobin darah pasien-pasien yang anemia, bertindak sebagai obat penenang yang baik tanpa efek sampingan, dan meningkatkan keadaan tenang pikiran serta menyebabkan tidur lebih nyenyak.

Serbuk sari lebah juga mengandung ramuan yang disebut Rutin, yang meningkatkan daya tahan pada dinding pembuluh darah. Hal ini yang membuat serbuk sari lebah (Bee Pollen) begitu terkenalnya sebagai makanan yang bisa meningkatkan tenaga dan stamina, untuk menjaga kesehatan yang sempurna. Setiap pembuluh darah keci yang jumlah keseluruhannya sepanjang 35.000 mil di dalam tubuh manusia, cukup untuk mengitari bumi satu setengah kali, harus kuat dan bebas dari hambatan.

Jika satu pembuluh lembut di otak pecah, itu berarti mati atau lumpuh. Serbuk sari lebah dapat membantu untuk membersihkan kotoran dan toksin yang terus-menerus bertumpuk dalam pembuluh darah yang disebabkan oleh ketegangan jiwa, obat dan pencemaran gaya hidup modern. Dengan memperkuat dan membersihkan pembuluh-pembuluh darah itu, serbuk sari lebah membantu agar lebih banyak oksigen mencapai otak dan sel-sel, untuk kesehatan umum yang lebih baik.

Bee pollen merupakan makanan alami yang kaya akan gizi, mempunyai sifat-sifat nutritif dan medisinal:

  • Menambah tenaga (energi menghilangkan rasa lesu dan letih.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit-penyakit Infeksi dari luar.
  • Turut mengatur (regulasi) sistem pencernaan, mencegah serta meringankan sembelit, diare dan keracunan makanan.
  • Membantu mengontrol dan menyelaraskan berat badan.
  • Memelihara kesehatan kulit dan rambut.
  • Meningkatkan kesuburan dan kejantanan.
  • Membuat awet muda dan memperlambat proses menua.
  • Mempercepat masa penyembuhan dari suatu penyakit.
  • Memperbaiki kekacauan sistem reproduksi wanita, seperti sakit pada saat menstruasi, datang bulan tidak cocok dan gejala-gejala menopause (Mati Haid)/
  • Menghambat pertumbuhan Sel-sel kanker.
  • Mencegah kemungkinan terkena Penyakit-penyakit anemia (kurang darah), alergi, ginjal, Hati (liver), kencing manis; serta mengurangi gejala-gejalanya.
  • Mencegah penyakit jantung, tekanan tinggi dan pengapuran pembuluh darah.
  • Mencegah serta meringankan radang kelenjar alat kelamin pria (Prostatitis).
  • Mencegah serta meringankan beberapa jenis rematik dan arthritis.
  • Merangsang pertumbuhan tubuh dan perkembangan IQ anak-anak.

Pollen lebah madu adalah tepung sari bunga yang dikoleksi oleh lebah dari tumbuhan Angiospermae dan Gymnospermae setelah diramu dengan enzim dan madu oleh lebah itu sendiri. Setiap butir pollen mengandung zat-zat yang kompleks yang tidak ternilai manfaatnya dalam nutrisi dan pengobatan. Zat-zat kompleks ini antara lain terdiri dari : Peptones, globulins, amino acids, carbohydrate, fatty subtances, enzyms, mineral dan vitamins B1, B2, B6, B12, A, P, E, dan K. Komposisi kimia pollen lebah madu terdiri dari :

  • Air = 12-20 %
  • Protein = 20 %
  • Asam amino = 13 %
  • Karbobhidrat = 25 – 48 %
  • Lemak kasar – 8,5 %
  • Abu = 3 %
  • Sellulosa = 5 %
  • Material lain = 3 – 4 %

Beberapa penyakit tertentu dapat disembuhkan dengan pollen lebah madu, antara lain adalah : prostatis, prostatauxe, hyperlipenia, dan chelesterolemia, dan slow senilyti. Pada industri kosmetika, pollen lebah madu digunakan untuk melembutkan kulit karena kaya akan asam amino dan enzim yang mudah diabsorpsi oleh kulit tanpa iritasi. Semua zat terkandung dalam pollen lebah madu sangat diperlukan dalam banyak kegiatan metabolisme di dalam tubuh makhluk hidup. Pollen lebah madu banyak digunakan industri makanan, industri obat-obatan, dan kosmetik.

Beberapa hasil penelitian tentang khasiat pollen lebah madu adalah sebagai berikut:

  • Kotoran dari tikus yang diberi makan pollen lebah madu ternyata tidak mengandung mikroorganisme.
  • Memakan 25 gr pollen lebah madu yang dicampur madu setiap hari akan menghilangkan setiap jenis alergi dan juga sangat efektif mengobati penyakit lever.
  • Dianjurkan bagi orang berumur 50 tahun ke atas agar memakan 15 gr lebah madu per hari untuk mencegah prostatis.
  • Khasiat peremajaan jaringan tubuh yang ada pada madu disebabkan karena pollen lebah yang dikandungnya.

Gambar 4. Propolis

3. Propolis

Propolis adalah bahan liat bercampur resin yang diramu oleh jenis lebah Apis cerana, Apis mellifera, Apis dorsata dan lebah tanpa sengat Trigona spp dari bahan tumbuhan ditambah lilin dan sekresi kelenjar lebah. Komposisi propolis sangat kompleks tetapi erat sekali hubungannya dengan sifat tanaman darimana dia dikumpulkan oleh lebah. Beberapa komposisi dasar terdiri dari propolis adalah sebagai berikut :

  • Resin & getah campuran = 39 – 53 %
  • Polyphenol = 12 – 17 %
  • Polysaccharida = 2-3 %
  • Lilin lebah = 19 – 35 %
  • Impurities = 8 – 12 %

Propolis digunakan secara luas pada industri farmakologi. Propolis merupakan antibakteri yang alami dan juga memiliki fungsi anti jamur, virus, dan protozoa. Dapat memperkuat kekebalan tubuh organisme, merangsang regenerasi jaringan dan memiliki efek bius lokal. Digunakan pada klinik bedah, mengobati clavus, tymanitis, oral erosion or ulcer. Terbukti sangat efektif mengobati high blood fat. Setelah minum tablek propolis selama 2 bulan pasien cholestrol dan tryglyceride akan mengalami penurunan sebesar 412,3 % dan 76,6 %. Propolis dapat juga digunakan untuk mengobati kulit dan penyakit gynecological dan tumor. Juga dilaporkan bahwa propolis sangat efektif digunakan pada industri obat untuk ternak.

4. Lilin Lebah Madu (Beeswax)

Gambar 5. Lilin lebah Madu

Lilin Lebah Madu adalah sejenis “fatty matter” yang direkresi oleh lebah pekerja melalui kelenjar lilin. Komposisi kimia umum, komposisi kimia lilin lebah madu terdiri dari :

  • Air = 2.5 %
  • Karbohidrat = 11-17 %
  • Ester = 70-75 %
  • Free fatty acid = 12-15 %
  • Fragrant matter, pigment, 
  • And trace element = small amount

Lilin lebah madu banyak digunakan sebagai bahan mentah industri kosmetik, antara lain : cold cream, shampoo, hair nutrient, krim kulit, minyak rambut, lipstik dan rouge. Di China, lilin digunakan sebagai kapsul obat tradisional dan juga sebagai bahan dasar pasta. Dalam dunia indstri, lilin digunakan untuk memproduksi : floor wax, candle, crayon, wax paper, dan bahan pewarna. Lilin lebah juga digunakan sebagai bahan pengawet logam, pelumas banyak jenis mesin, insulator dan packaging, serta bahan waterproof.

5. Bisa Lebah Madu (Bee Venom)

Bisa lebah madu yang merupakan sejenis protein memiliki komposisi kimia yang sangat rumit. Disamping kadar airnya tinggi juga mengandung : polypeptides, enzymes, amine, and other acid dan trace element. Diantara polypeptides terdapat 50 % venom peptide dari berat kering dan 30 % nerve peptide. Di dalam bisa lebah terdapat 50 jenis enzim, diantaranya phosphate lipase A 2 sebanyak 12 % dan hyaluronis-dase 2 – 3 % dari berat kering.

Gambar 6. Bee venom

Daiam industri obat-obatan, bisa lebah banyak digunakan untuk mengobati rheumatism, rheumarthritis, neuritis, neuralgia, hypertension, dan bronchial asthma. Secara umum, manfaat sengatan lebah (bee venom) adalah sebagai berikut:

  • Memperbaiki sistem syaraf
  • Menstimulasi dan memperbaiki sirkulasi energi, darah, dan sari makanan.
  • Mengurangi pembengkakan
  • Mengurangi rasa sakit
  • Menyembuhkan reumatik
  • Menghambat rangsangan penyakit dalam tubuh
  • Memutuskan siklus penyakit ganas di dalam tubuh
  • Mengembalikan fungsi normal pusat syaraf
  • Menormalisir metabolisme tubuh
  • Mengembalikan fungsi seksual bagi orang yang sudah berumur.

6. Pupa Jantan

Gambar 7. Pupa jantan

Pupa jantan yang terbungkus dengan kokon sebelum muncul menjadi lebah dewasa disebut pupa. Pupa lebah jantan merupakan makanan yang enak dan bergizi tinggi.
Komposisi kimia pupa lebah jantan sangat bervariasi menurut umur dan jenis makanannya. berdasarkan hasil analisis, pupa lebah jantan memiliki kadar nutrisi yang paling tinggi pada umur 22 hari. Kandungan komposisi utamanya terdiri dari:

  • Protein = 22.30 %
  • Lemak = 7.5 %
  • Karbohidrat = 19.5 %
  • Abu = 9.5 %
  • Trace element = 0.5 %

Pupa lebah jantan kaya vitamin A dan D dibandingkan dengan makanan lainnya. Khususnya Vitamin D terdapat 10 kali lebih banyak daripada cod-lever oil.
Pupa lebah jantan terutama digunakan untuk mengobati defesiensi kalsium pada anak-anak. Di China pupa lebah jantan diproses dan dijual sebagai makanan yang enak dan bergizi tinggi.

7. Larva Lebah Madu

Larva lebah madu adalah stadia mulai dari telur menetas sampai saat sebelum menjadi pupa. Larva ini terdapat berupa larva lebah pekerja, larva lebah jantan, dan larva lebah ratu. Larva lebah merupakan jenis makanan bernutrisi tinggi. Komposisinya sangat bervariasi sesuai dengan umur dan sumber makanannya. Komposisi kimia larva yang masih segar sama dengan royal jelly, Beberapa komposisinya antara lain adalah:

  • Air = 77 %
  • Lemak = 3.17 %
  • Glicogen = 0.41 %
  • Abu = 14.84 %
  • Asam amino = 16 macam
  • Bitamin = 6 macam
  • Enzim dan hormon = banyak macam

Nilai nutrisi larva lebah madu lebih tinggi dibandingkan dengan susu dan telur. Praktik klinik menunjukkan bahwa larva ratu lebah dapat mengatur sistem pusat syaraf, merangsang gairah hidup, meningkatkan nafsu makan, menambah kekuatan fisik, menenangkan syaraf, dan membuat tidur nyenyak. Table ratu lebah di China telah terbukti efektif menyembuhkan leucocyle deficit, neurasthenia, rheumarthritis, menoxenia, nutritive oedema, penyakit lever dan maag. Larva lebah tidak hanya enak rasanya tetapi juga perkembangan intelengesianya sangat lembat. Juga larva lebah dapat dijadikan makanan tambahan pada ternak dan serangga peliharaan.

Gambar 8. Larva lebah madu