Ir. HARSONO

Oleh: Ir. Soedarto HS dan Ir. Slamet Soedjono, M.BA

(Pengasuh Majalah Rimba Indonesia)

Ir. Harsono adalah seorang Rimbawan cukup Senior dengan jabatan terakhir sebagai Sekretaris Jenderal Departemen Kehutanan.  Beliau  telah wafat dipanggil oleh Allah Yang Maha Kuasa pada tanggal 5 Januari 2024 karena sakit cukup lama, dan dimakamkan di Pemakaman  Giritama Tonjong Bogor.

Untuk mengenang jasa-jasanya dan perjalanan hidupnya Majalah Rimba Indonesia ingin mengungkapkannya secara singkat dalam rubrik Obituari ini

Ir. Harsono dilahirkan di Ungaran,  Kabupaten Semarang pada tanggal  1 Juni 1944 dari  ayah Bapak R. Soebiyanto yang juga seorang Rimbawan Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah, dan kakeknya yaitu Bapak Soepardi juga seorang rimbawan yang bekerja di Perum Perhutani BKPH Ungaran, Semarang -Jawa Tengah. Sedangkan ibunya bernama Ibu Soemarni sebagai ibu rumah tangga.

Pendidikan umum yang telah dialaminya adalah Sekolah Rakyat 6 Tahun tamat thun 1956, Sekolah Menengah Pertama Negeri lulus tahun 1959, Sekolah Menengah Atas Negeri lulus tahun 1962. Melanjutkan studi di Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada Yogyakarta lulus tahun 1968.

Sedangkan pendidikan dan pelatihan atau penataran kedinasan yang pernah dilakukannya adalah Penataran P4 (Pendalaman, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) Pusat Departemen Pertanian tahun 1979, Pendidikan Penjenjangan Jabatan SEPADYA tahun 1981, Pendidikan Penjenjangan Jabatan SESPA tahun 1984 dan LEMHANAS Reguler Tahun 1998.

Adapun riwayat pekerjaan dan jabatan dibirokrasi Pemerintahan khususnya Kehutanan dapat digambarkan sebagi berikut :

  1. Setelah menjadi Sarjana Kehutanan (lulus dari Fakultas Kehutanan UGM) beliau diterima bekerja di Direktorat Jenderal Kehutanan, Departemen Pertanian Jakarta  sejak tahun 1968.
  2. Pada tahun 1971 diangkat menjadi Pegawi Negeri Sipil (PNS) tugasnya dipindahkan ke Dinas Kehutanan Kalimantan Tengah diberi jabatan sebagai Kepala Bagian  Pengusahaan dan Pemasaran Hasil Hutan.
  3. Tahun 1975 tugasnya dipindahkan ke Direktorat Pengusahaan Hutan Direktorat Jenderal Kehutanan diberi jabatan Kepala Seksi Pengembangan  Pola Ketrampilan Tenaga Kehutanan dan pada tahun 1980 tugasnya dipindahkan menjadi Kepala Seksi Penilaian Program Pengusahaan Hutan.
  4. Pada tahun 1981 tugasnya dipindahkan ke Direktorat Perlindungan dan Pengawetan Alam promosi menjadi Pj. Kepala Sub Direktorat Pemolaan Konservasi.
  5. Pada tahun 1983 dipromosikn lagi dan diangkat menjadi Sekretaris Direktorat Jenderal Reboisasi dan Rehabilitasi Lahan Departemen Kehutanan.
  6. Tahun 1988 tuganya dipindahkan ke Sumatra Selatan ditunjuk menjadi Kepala Kantor Wilayah Departemen Kehutanan berkedudukan di Palembang.
  7. Pada tahun 1990 dipindahkn lagi ke Departemen Kehutanan Jakarta diangkat menjadi Kepala Biro Hubungan Luar Negeri Sekretariat Jenderal Departemen Kehutanan.
  8. Tahun 1992 pindah tugas menjadi Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Kehutanan di Bogor.
  9. Tahun 1993 pindah tugas menjadi Kepala Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Departemen Kehutanan.
  10. Tahun 1997 pindah tugas menjadi Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Kehutanan Bogor.
  11. Tahun 1998 promosi menjadi Direktur Jenderal Rehabilisasi Lahan dan Perhutanan Sosial (RLPS)
  12. Tahun 2000 pindah tugas menjadi Direktur Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA).
  13. Tahun 2001 menjadi Sekretaris Jenderal Departemen Kehutanan.
  14. Tahun 2001-2003 diangkat menjadi Staf Ahli Menteri Kehutanan V Bidang Kemitraan Usaha Kehutanan
  15. Tahun 2001-2004 Ketua Dewan Pengawas/ Komisaris Utama Perum Perhutani  hingga pensiun tanggal 1 Juni 2004.

Kesan-kesan yang dapat dicatat dari para pimpinan dan teman sejawat kehutanan  tentang pribadi almarhum  semasa hidupnya ialah bahwa  beliau adalah seorang pekerja keras, tekun, energik, kreatif  dan loyal tidak banyak bicara.

Semasa hidupnya beliau hidup berkeluarga dengan seorang interi yang setia mendampingi hingga akhir hayatnya, dengan dikaruniai  5 anak  dan  8 cucu.

Diakhir hayatnya almarhum tinggal bersama keluarga di Jl.Taman Pulo Asem Utara No 9 Jakarta Timur

Selamat jalan pak Harsono semoga diberi kemudahan dalam menghadap Sang Khalik dan mendapat tempat yang mulia di sisi Nya.